Artikel .
Bagaimana Mengobati Penyakit Jantung?

15

Nov

0

comm

Tips Sehat

Category

Bagaimana Mengobati Penyakit Jantung? .

Posted in: Info Tips Sehat

Pengobatan untuk penyakit jantung koroner biasanya adalah sama, baik itu untuk pria atau wanita. Tindakan perawatan dan pencegahan dari penyakit jantung bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup (gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup sehat), obat-obatan (mengkonsumsi obat sakit jantung alami), rehabilitasi jantung, prosedur medis atau tindakan bedah.

Tujuan pengobatan penyakit jantung:

  • Meredakan gejala dari sakit jantung.
  • Mengurangi faktor risiko dalam upaya untuk memperlambat, menghentikan, atau membalikkan penumpukan plak.
  • Menurunkan risiko dari pembentukan darah beku.
  • Menghilangkan atau memotong plak yang meyumbat arteri jantung.
  • Mencegah komplikasi.

Perubahan gaya hidup

Melakukan perubahan gaya hidup yang tidak sehat menjadi sehat merupakan tindakan untuk mencegah atau mengobati penyakit jantung koroner. Perubahan gaya hidup yang tidak sehat menjadi gaya hidup sehat dapat dilakukan seperti dibawah ini:

Berhenti merokok

Jika sekaranag Anda merokok maka cobalah untuk berhenti. Karena merokok itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung dan yang lebih buruk lagi adalah meningkatkan faktor risiko penyakit lainnya. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang program dan produk apa yang dapat menolong Anda untuk berhenti merokok. Perlu diingat Anda juga harus menghindari asap rokok.

Mengikuti diet yang sehat

Diet sehat merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Diet sehat mencakup berbagai sayuran dan buah-buahan. Makanan ini bisa menjadi segar, kalengan, beku, atau kering. Namun aturan yang baik adalah mencoba untuk mengisi setengah dari santapan di piring Anda dengan sayuran dan buah-buahan.

Diet sehat juga termasuk memilih makanan dari jenis biji-bijian, makanan yang bebas lemak atau produk susu rendah lemak dan makanan protein seperti daging tanpa lemak, seafood unggas tanpa kulit, produk olahan kedelai, kacang-kacangan seperti kacang polong.

Menyiapkan dan menyantap makanan dengan kadar garam (natrium) yang sedikit. Terlalu banyak mengkonsumsi garam ternyata bisa membuat tekanan darah tinggi meningkat. Studi menunjukkan bahwa mengikuti aturan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)  yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti diatas ternyata dapat membuat tekanan darah menurun.

Cobalah untuk menghindari makanan dan minuman yang kadar gulanya tinggi. Misalnya, meminum air mineral yang tidak mengandung gula atau tidak meminum soda.

Aktif berolahraga atau rutin melakukan aktivitas fisik

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat mencegah bahkan menurunkan resiko penyakit jantung koroner, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol tinggi LDL dan menurunkan berat badan yang berlebih. Tidak hanya itu ternyata berolahraga secara teratur dan rutin juga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda memulai rencana latihan baru. Minta Dokter Anda kita-kira berapa banyak dan apa jenis aktivitas fisik yang aman untuk Anda.

Aktivitas fisik atau berolahraga merupakan obat sakit jantung alami yang baik apabila dilakukan. Banyak orang yang sudah mendapatkan manfaat kesehatan dari aktivitas fisiknya, lakukanlah sekitar 60 menit dari intensitas aktivitas sedang seperti aerobik minimal per minggu. Cara lain dari aktivitas fisik yang baik adalah dengan berjalan. Semakin aktif Anda maka semakin besar juga peluang Anda mendapatkan keuntungan. Salah satunya tubuh yang sehat, bugar dan segar.

Menjaga berat badan agar tetap profosional

Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan risiko penyakit jantung koroner. Jika berat badan Anda berlebih atau obesitas maka cobalah untuk menurunkan berat badan Anda. Caranya bisa dengan mengurangi asupan kalori dan lebih banyak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Pilihlah makanan berkalori rendah dan makanlah dalam porsi kecil. Dokter bisa merujuk Anda ke ahli gizi untuk membantu Anda mengelola berat badan Anda.

BMI (Body Mass Index) mengukur berat badan Anda dalam kaitannya dengan tinggi badan Anda dan memberikan perkiraan total lemak tubuh. Sebuah BMI (Body Mass Index) kurang dari 25 dan lingkar pinggang 35 inci atau kurang bertujuan untuk mencegah serta mengobati penyakit jantung koroner. Anda dapat menggunakan BMI kalkulator online untuk mengetahui BMI (Body Mass Index) Anda atau denga pergi ke Dokter untuk membantu Anda dalam mengetahui BMI (Body Mass Index) Anda.

Untuk mengukur pinggang, Anda dapat menggunakan pita pengukur, berdiri dan menempatkan pita pengukur di sekitar tengah tepatnya di atas tulang pinggul Anda. Mengukur pinggang Anda setelah Anda menghembuskan nafas.

Demikianlah artikel yang membahas bagaimana mengobati penyakit jantung. Tentunya pengobatan dengan cara yang baik dan alami.

Post written byDigital Marketing

Digital Marketing // Visit website

NO COMMENTS

DARE TO LEAVE A REPLY?