Artikel .
Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

14

Nov

0

comm

Tips Sehat

Category

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes .

Posted in: Info Tips Sehat

Diabetes atau yang sering disebut diabetes mellitus oleh dokter adalah suatu kelompok penyakit metabolik dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tidak normal (gula darah tinggi). Hal demikian bisa saja dipengaruhi oleh produksi insulin yang tidak memadai atau adanya sel-sel tubuh yang tidak menanggapi insulin dengan baik. Biasanya penderita gula darah tinggi atau diabetes ini akan mengalami Poliuria (terlalu sering buang air kecil), Polidipsia (menjadi semakin haus dari biasanya) dan Polifagia (lapar yang bukan pada tempatnya).

Seseorang yang sudah terdiagnosa diabetes harus pandai-pandai dalam mengatur segala aktivitas yang ada pada dirinya. Bagi penderita diabetes banyak hal yang dapat dilakukan agar kadar gula darah dalam tubuhnya tetap stabil. Seperti selalu mengkonsumsi obat diabetes dari Para Ahli Diabetes, karena dapat dipastikan obat diabetes dari Ahli Diabetes memang sudah teruji secara klinis, kualitas serta manfaatnya sudah banyak dirasakan. Jadi jangan sampai salah memilih obat diabetes.

Tidak hanya itu, Anda dapat memanajemen kadar gula darah dengan mengatur pola serta gaya hidup sehat seperti: Makan makanan sehat, latihan atau olahraga secara rutin, selalu memantau kadar gula darah atau dengan melakukan terapi insulin.

Langkah-langkah seperti diatas memang sangat membantu kadar gula darah agar tetap normal. Selain itu merupakan tindakan pencegahan agar komplikasi tidak terjadi. Berikut dibawah ini adalah penjabarannya:

  • Makanan Sehat

Makanan sehat bagi penderita diabetes adalah makanan yang rendah lemak seperti buah-buahan, sayur-sayuran serta biji-bijian dan kurangi mengkonsumsi makanan produk hewani dan makanan olahan. Makanan dengan indeks glikemik rendah juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat makanan dapat menyebabkan gula darah Anda meningkat. Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan yang mengandung serat tinggi.

Anda juga bisa bertanya dengan seorang ahli diet terpercaya untuk membantu Anda dalam menyusun rencana makan yang sesuai dengan tujuan kesehatan, gaya hidup sehat dan preferensi makanan.

  • Aktivitas Fisik

Seseorang membutuhkan olahraga atau latihan aerobik secara teratur. Terlebih-lebih bagi orang yang memiliki penyakit diabetes. Tidak harus dengan olahraga berat, Anda bisa memilih dengan olahraga ringan atau memilih aktivitas yang Anda nikmati seperti berenang, berjalan atau bersepeda. Yang terpenting adalah Anda melakukan aktivitas fisik dari setiap rutinitas keseharian Anda.

Anda juga bisa mengkombinasikan latihan-latihan aerobik seperti berjalan atau menari dengan latihan resistensi seperti angkat besi atau yoga. Peregangan dan latihan kekuatan juga penting. Setidaknya luangkan waktu 30 menit untuk berolahraga atau latihan aerobik lima hari dalam seminggu. Jika Anda belum bisa secara rutin maka lakukanlah perlahan-lahan serta bertahap.

Aktivits fisik seperti yang demikian memang bisa menurunkan kadar gula darah. Sebelum Anda melakukan aktivitas apapun, jangan lupa selalu periksa kadar gula darah Anda. Anda mungkin memerlukan makanan ringan sebelum berolahraga atau meminum obat penurun diabetes untuk menurunkan kadar gula Anda.

  • Pemantauan Gula Darah

Memantau atau mengecek kadar gula darah sesuai dengan rencana pengobatan yang Anda lakukan. Anda bahkan dapat mencatat tingkat kadar gula darah Anda hari ini dan hari kemudian. Jangan lupa tanyakan pada Dokter Anda seberapa sering yang paling baik untuk melakukan periksa gula darah Anda.

  • Obat Dibetes dan Terapi Insulin

Beberapa orang penderita diabetes dapat mencapat target gula daranya dengan diet dan olahraga saja. Tetapi ada juga yang memerlukan obat diabetes alami atau melakukan terapi insulin untuk mencapai target gula darahnya. Keputusan Anda untuk memilih obat diabetes harus berdasarkan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah tingkat kadar gula darah Anda atau masalah kesehatan lain yang ada pada Anda. Dokter Anda pasti akan melakukan tindakan pengobatan yang terbaik untuk Anda seperti dengan cara menggabungkan obat diabetes dari kelas yang berbeda untuk membantu mengontrol kadar gula Anda, tentunya dengan cara yang berbeda.

Beberapa orang yang menderita diabetes membutuhkan terapi insulin juga. Terapi insulin pada masa lalu dijadikan alternatif terakhir dalam pengobatan diabetes. Namun semakin kesini banyak dokter yang meresepkan kepada pasiennya karena memang manfaatnya yang besar.

Post written byDigital Marketing

Digital Marketing // Visit website

NO COMMENTS

DARE TO LEAVE A REPLY?