Artikel .
Apa Itu Kolesterol?

14

Nov

0

comm

Tips Sehat

Category

Apa Itu Kolesterol? .

Posted in: Info Tips Sehat

Dewasa ini kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Kondisi tubuh yang sehat akan mempengaruhi aktivitas dan kinerja Anda. Bila kesehatan Anda terganggu, semua aktivitas Anda pasti ikut terganggu. Terlebih-lebih bila Anda yang masih muda namun sudah memiliki penyakit kolesterol jahat. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang malas untuk minum obat kolesterol. Jangan sampai hal demikian membuat Anda sedih. Untuk itu kenali dulu apa itu kolesterol. Hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya kolesterol jahat pada tubuh.

Apa Itu kolesterol?

Kolesterol adalah jenis lemak (lipid) dalam darah Anda. Sel-sel tubuh Anda membutuhkan kolesterol dan tubuh Anda membuat semua yang dibutuhkan. Itulah salah satu kehebatan tubuh Anda. Tetapi Anda juga mendapatkan kolesterol dari makanan yang Anda makan.

Jika tubuh Anda memiliki terlalu banyak kolesterol maka bersiaplah arteri Anda akan tersumbat. (Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung.) Ini disebut pengerasan arteri atau Aterosklerosis. Ini adalah titik awal untuk beberapa masalah jantung dan aliran darah. Penumpukan dapat mempersempit arteri dan membuat lebih sulit bagi darah untuk mengalir. Penumpukan juga dapat menyebabkan pembekuan darah dan peradangan yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Ada berbagai jenis kolesterol, diantaranya:

  1. LDL adalah kolesterol (jahat). Jenis kolesterol ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.
  2. HDL adalah kolesterol (baik). Jenis kolesterol ini terkait dengan rendahnya risiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

Mengapa kolesterol penting?

Kadar kolesterol yang ada pada tubuh Anda dapat membantu dokter mengetahui risiko Anda untuk mengalami serangan jantung atau stroke. Tapi bukan hanya kolesterol yang ada pada tubuh Anda saja. Dokter juga menggunakan kadar kolesterol Anda ditambah hal-hal lain untuk menghitung risiko Anda. Hal tersebut antara lain:

  1.    Tekanan darah Anda.
  2.    Apakah Anda memiliki diabetes.
  3.    Umur, jenis kelamin, dan ras.
  4.    Apakah Anda merokok.

Apa yang mempengaruhi kadar kolesterol?

Banyak hal yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol, termasuk:

  1. Makanan yang Anda makan. Makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol, lemak jenuh maupun lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.
  2. Kelebihan berat badan. Hal ini dapat menurunkan HDL atau kolesterol “baik”.
  3. Tidak Aktif (bermalas-malasan). Tidak berolahraga dapat menurunkan HDL atau kolesterol “baik”.
  4. Usia atau umur. Kolesterol mulai meningkat setelah usia 20.
  5. Sejarah keluarga. Jika anggota keluarga Anda ada yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, Anda juga mungkin memilikinya.

Bagaimana kolesterol diuji?

  • Anda perlu tes darah untuk memeriksa kolesterol Anda.

Sebuah tes kolesterol, juga disebut panel lipid yaitu dengan mengukur semua lemak dalam darah Anda, termasuk total, LDL, dan kolesterol HDL. Dengan demikian apabila Anda ingin mengetahui kadar kolesterol yang ada pada tubuh Anda, Anda dapat melakukan tes darah. Apabila dokter Anda mendiagnosis ternyata tubuh Anda memiliki kadar kolesterol berlebih, Anda bisa meminta dokter untuk memberikan obat penurun kolesterol yang sudah teruji kualitasnya.

Post written byDigital Marketing

Digital Marketing // Visit website

NO COMMENTS

DARE TO LEAVE A REPLY?