Artikel .
Apa itu Kanker Serviks?

19

Oct

0

comm

Info

Category

Apa itu Kanker Serviks? .

Posted in: Info

Bagi kaum wanita tidak asing apabila mendengar kanker serviks. Bahkan banyak dari kaum wanita tidak mau membayangkan penyakit kanker ini. Membayangkannya saja tidak mau apalagi bila harus mengalaminya. Sebenarnya apa itu kanker serviks dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengobati kanker serviks?

Kanker serviks atau secara bahasa indonesia disebut kanker leher rahim karena jenis kanker ganas ini menyerang saluran reproduksi pada wanita. Leher rahim merupakan pintu masuknya rahim. Penyakit kanker serviks ini cenderung akan menjangkit para wanita yang aktif dalam melakukan aktivitas seksual. Oleh karena itu para wanita muda atau wanita tua beresiko besar menderita penyakit kanker serviks.

Penyebab utama dari kanker serviks adalah Virus Papiloma atau Human papillomavirus (HPV). Virus Papiloma merupakan jenis virus yang dapat membuat kutil pada kulit. Baik itu di tangan, kaki maupun alat kelamin. Virus papiloma umumnya ditularkan melalui hubungan seksual.

Kanker serviks tidak memiliki gejala namun bisa diketahui dengan cara mengamati apakah ketika Anda sedang berhubungan seks ada pendarahan pada vagina Anda, tentunya pendarahan itu terjadi di luar masa menstruasi. Bila ada pendarahan ketika Anda berhubungan seks, belum berarti juga Anda menderita kanker leher rahim. Untuk itu segera pergi ke dokter untuk menanyakan apakah Anda terjangkit virus papiloma. Biasanya dokter akan memberi rujukan ke dokter spesilis apabila dicurigai ada virus papiloma pada vagina Anda. Dan apabila terdiagnosa oleh dokter spesialis bahwa Anda menderita kanker serviks, maka dokter spesialis akan melakukan pengobatan.

Adapun cara-cara pengobatan kanker serviks yang biasanya dilakukan adalah:

1. Operasi pengangkatan (Histerektomi)

Histerektomi adalah pengangkatan rahim dari penderita kanker serviks pada rahim vagina dan parametrium. Selanjutnya dari proses pengangkatan tersebut akan dilakukan pembersihan kelenjar getah bening pada pinggul. Ternyata ada 4 jenis tingkatan Histerektomi, yaitu:

– Histerektomi Parsial : Tindakan operasi pengangkatan yang dilakukan hanya pada rahim saja.
– Histerektomi Total : Tindakan operasi pengangkatan yang dilakukan pada rahim dan mulut rahim.
– Histerektomi Total dan Salpingo Ooforektomi Bilateral : Tindakan operasi pengangkatan yang dilakukan pada rahim, tuba palopi, ovarium dan serviks.
– Histerektomi Radikal : Tindakan operasi pengangkatan yang dilakukan pada rahim, serviks, kelenjar getah bening, jaringan pada panggul dan bagian atas vagina.

2. Radioterapi

Radioterapi adalah penggunaan radiasi pengion yang dilakukan pada penderita kanker serviks dengan cara mematikan sel-sel kanker sesuai dosis. Cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk pengobatan kanker serviks atau penyakit kanker lainnya. Radioterapi dapat dibagi menjadi beberapa bagian, tentunya dengan melihat tingkatan stadium kanker serviks. Berikut dibawah ini beberapa tingkatan radioterapi :

– Radioterapi Whole Pelvis (Seluruh Panggul ).
– Radioterapi Karsinoma Serviks Uteri Pasca Wertheim.
– Radioterapi Brachiterap.

3. Radiopartikel

Radiopartikel merupakan teknologi pengobatan yang bertujuan untuk menghambat sel-sel kanker. Sehingga perkembangan sel-sel kanker bisa diminimalisir sekecil mungkin. Radiopartikel tidak menganggu aktivitas keseharian Anda.

Post written byadmin

// Visit website

NO COMMENTS

DARE TO LEAVE A REPLY?